Menjelang 5 hari menuju awal bulan Ramadhan, Telkom Jatim yang diwakili oleh GM Consumer Service Regional V Jatim, Joko Raharjo, yang didampingi oleh Manager Area Surabaya Selatan Hendrianto, Manager Marketing, Agus Ariyanto. Rombongan Telkom ini diterima oleh jajaran BOD (Board Of Director) Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MNAS), Direktur Utama MNAS, Drs.H.Endro Siswantoro, Msi., Wakil Dirut, Ir.H.Djaelani, MM., Kabag Keuangan, Drs.Ec.H.Tjaja Gunawan, dan Kabag Humas, Helmi, serta pengurus remaja Masjid MNAS.

Acara Rabu (4/8) yang berlangsung di ruang sekretariat MNAS ini merupakan tindak lanjut pertemuan beberapa waktu sebelumnya di tempat yang sama antara Joko Raharjo dan Dirut MNAS. Dalam pertemuan terdahulu dibicarakan bahwa Telkom Jatim akan men-support 1,2 ton kurma kepada MNAS. Agenda tersebut membicarakan persiapan pelaksanaan Ramadhan yang dikemas pihak MNAS dengan tema Ramadhan Ngaji Internet. Agenda kegiatan ini akan diawali Jumat (6/8) yang ditandai dengan Penandatanganan Naskah Kerjasama Penyelenggaraan Ramadhan Kariim 1431 H, antara Masjid Nasional Al Akbar Surabaya dengan PT. Telekomunikasi Indonesia, dilanjutkan dengan sambutan Deputy EGM Telkom Flexi, Iskriono Windiarjanto.

Dalam rapat koordinasi penyelenggaraan Ramadhan Kariim 1431 H, pihak Telkom melakukan presentasi konten-konten yang akan ditampilkan dalam agenda tersebut. Konten-konten tersebut merupakan materi yang mendukung tag Ngaji Internet, yaitu gambaran secara audio visual pelaksanaan Ramadhan di beberapa negara, kemudian diskusi Islami. Disamping itu Telkom menyediakan laptop untuk jamaah yang ingin berekplorasi situs-situs Islami.


Dalam kesempatan itu Dirut MNAS menyampaikan bahwa pihaknya menyampaikan banyak terima kasih dan berharap rencana ini insyaAllah dapat direalisasikan. ”Saya harapkan moment ini merupakan suatu hal yang dapat memberikan win-win solution, sekaligus ini tidak akan terlaksana tanpa niat yang baik untuk ikut memakmurkan mesjid,” kata Endro. Masih menurut Endro, ini merupakan lembaran baru untuk memenuhi tuntutan perkembangan informasi teknologi yang begitu cepat, sehingga menurut Endro, antara belahan dunia yang satu dan lainnya kini semakin dekat.


Sementara itu Joko Raharjo menyampaikan bahwa pihaknya bersyukur dapat bekerjasama dalam moment bulan suci ini dengan MNAS. ”Bersyukur bersama mesjid MNAS ini bisa menyemarakkan Ramadhan bersama tahun ini sebagai komitmen PT. Telkom,” kata Joko. Kerja sama ini juga meliputi kegiatan di luar mesjid dan juga kegiatan yang fokus dengan kegiatan Ramadhan, termasuk infaq yang disediakan untuk kegiatan ini. Joko menambahkan, apabila kesepakatan awal PT. Telkom Jatim menyediakan 1.2 ton kurma maka pada awal buka bersama nanti pihaknya juga akan men-support konsumsi untuk keperluan itu. Masih menurut Joko dalam launching Romadhan Kariim, PT. Telkom akan menyediakan akses internet berikut laptop yang sebelum hari H nanti sudah dapat diuji coba