Surabaya (13/10), Telkom Jatim kembali menunjukkan komitmennya terhadap dunia pendidikan sekaligus pengembangan daya saing masyarakat Jatim melalui IT. Setelah sebelumnya banyak bergerak di Surabaya kota, kali ini Program CSR Bina Lingkungan diarahkan ke Pasar Induk Modern Puspo Agro Jemundo, Sidoarjo.

GM Consumer Service Regional V Jatim, Joko Raharjo, didampingi Manager CDC Jatim, Nurendah Rini, menyerahkan bantuan CSR senilai Rp.240 juta dalam wujud Fasilitas Broadband Learning Center (BLC) di komplek Pasar Induk Modern terbesar di Jawa Timur ini. Penyerahan BLC ini dilakukan dalam acara Pembukaan Kios Baca Bank Indonesia & Broadband Learning center Telkom yang dihadiri Pejabat Pemprov, Aziz Budi H dari Diknas , mewakili Gubernur Jawa Timur Fasilitas BLC dilengkapi akses internet free hotspot Speedy , anjungan baca dengan 500 koleksi judul buku, dan paket pembelajaran selama 1 tahun dengan materi disesuaikan komunitas setempat. Pengelolaan BLC akan dilakukan oleh GAIM ( Gerakan Anak Indonesia Membaca).

Disamping untuk pusat pembelajaran umum, GAIM akan memfocuskan kegiatan di BLC ini untuk pelatihan dan pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bagi lingkungan setempat. Joko Raharjo dalam sambutannya menyatakan bahwa dibangunnya BLC yang berbasis perpustakaan ini sebagai wujud dukungan Telkom terhadap program pemerintah untuk menggalakkan gemar membaca. Sedangkan menurut Manager CDC Area V Jatim, Nurendah Rini, BLC Pasar Induk Puspo Agro ini merupakan BLC ke-103 yang pernah dibangun oleh Unit CDC Area V Jatim. Keberadaan BLC di Jawa Timur semakin meneguhkan komitment Telkom untuk memberikan sumbangsih nyata bagi dunia pendidikan berbasis IT di Jawa Timur.

Sementara itu, Aziz Budi H, yang mewakili pemerintah provinsi dalam acara peresmian ini, menyampaikan apresiasi yang tinggi dari Gubernur Jawa Timur terhadap Telkom atas kontribusi CSR selama ini. Aziz menyampaikan pesan Gubernur agar fasilitas BLC Telkom dapat sebagai tempat belajar dan peningkatan kualitas SDM. Gubernur berharap adanya BLC dapat memposisikan Pasar Modern Puspo Agro disamping tempat bekerja juga tempat sarana belajar, pusat forum informasi bagi pedagang dan masyarakat setempat.(DASL)