Jakarta – Dua laga awal di AFF Suzuki Cup 2010 dilalui Indonesia dengan kemenangan besar. Menghadapi Thailand, ‘Merah-Putih’ diharapkan menang lagi, meski tak perlu telak.

Usai menghajar Malaysia 5-1 di pertandingan pertama, pasukan arahan Alfred Riedl melanjutkan performa bagus dengan melibas Laos 6-0. Hasil tersebut memastikan Indonesia lolos ke babak semifinal dan menjadi juara grup.

Di sisi lain, penampilan Thailand, yang merupakan raksasa sepakbola ASEAN, tak bisa dibilang memuaskan. Dalam dua laga pertama di Grup A, anak-anak asuh Bryan Robson itu dua kali bermain imbang, 2-2 melawan Laos dan 0-0 kala menghadapi Malaysia.

Robson menyebut, jebloknya performa timnya disebabkan karena jadwal yang kelewat padat di kompetisi domestik di Thailand. Imbasnya, kondisi fisik pemain pun menjadi tak prima.

Namun, biar bagaimanapun Thailand tetap dinilai sebagai ujian paling berat untuk Indonesia di Grup A. Kemenangan atas ‘Skuad Gajah Putih’ itu akan menjadi pembuktian kekuatan Firman Utina dkk. yang sesungguhnya.

“Saya tak mengharapkan menang telak, tapi yang penting menanglah, dan harus menang!” ujar Menpora Andi Mallarangeng usai laga antara Chris John vs Fernando Saucedo di Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu (5/12/2010) malam.

“Dua kali pertandingan kita bayar utang lunas, sekaligus dengan bunganya. Saya nggak mau bicara berapa kosong (skornya — red) untuk pertandingan ini.”

“Saya juga melihat gairah pemain-pemain di tim nasional tengah tinggi-tingginya,” tukas dia.

Laga antara Indonesia vs Thailand akan dihelat pada Selasa (7/12/2010) malam pukul 19.30 WIB di Stadion Gelora Bung Karno. ( roz / a2s )

sumber : www.detik.com