Headline

INILAH.COM, Jakarta – Apakah Anda pria yang senang bersepeda? Berhati-hatilah, karena bersepeda dapat mengurangi tingkat produksi sperma Anda.

Menurut para peneliti, bersepeda selama lima jam seminggu dapat mempengaruhi kesuburan seorang pria. Studi sebelumnya menunjukkan bahwa pengendara sepeda profesional mengalami pengurangan jumlah sperma dan miskin kualitas air mani.

Kini, risiko itu muncul bagi pesepeda umum. Seperti dikutip dari express.co.uk, pria yang sedikitnya bersepeda selama lima jam seminggu, memiliki sperma dengan jumlah yang lebih sedikit dan kurang aktif dibanding mereka yang tak berolahraga.

Peneliti di Boston University mensurvei 2.200 pria yang mengunjungi klinik kesuburan yang semuanya setuju memberikan sampel air mani mereka. Responden dipisahkan berdasarkan berat badan, tekanan darah, pilihan pakaian dalam dan variabel lain.

Peneliti menemukan bahwa pria yang berolahraga secara teratur tak mengalami masalah kualitas atau kuantitas sperma, dibanding mereka yang tak pernah berolahraga.

Namun, jika diurutkan berdasarkan jenis-jenis olahraga, pria yang menghabiskan setidaknya lima jam bersepeda dalam seminggu, dua kali lebih rentan memiliki jumlah sperma rendah dan mobilitas sperma yang relatif kurang. Menurut pemimpin penelitian Lauren Wise, hal tersebut dikarenakan trauma atau kenaikan suhu di skrotum.[ito]

Iklan