KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHI

Pemain Timnas Indonesia, Cristian Gonzales

JAKARTA, KOMPAS.com– Christian ‘El Loco’ Gonzales menjadi pahlawan kemenangan Indonesia. Striker naturalisasi asal Uruguay ini mencetak gol tunggal Tim Merah Putih atas Filipina pada leg pertama babak semifinal Piala AFF 2010 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, tadi malam.

El Loco menjebol gawang Filipina yang dikawal Neil Etherington di menit ke-31. Sebuah umpan jauh kapten Firman Utina gagal diantisipasi Etherington –kiper ketiga klub Liga Inggris Fulham– yang mencoba memotong bola, mudah bagi Gonzales karena gawang sudah tak dijaga.

Sukses Gonzales mencetak gol tak lepas dari berkah salat tahajud yang dilakukan sehari sebelum pertandingan krusial tersebut.

Hal itu disampaikan istri Gonzales, Eva Siregar, dalam sebuah infoteinment di sebuah TV swasta, kemarin siang. “Tadi malam (Rabu malam) saya sekeluarga tahajud, berdoa semoga suami saya mencetak gol pada pertandingan nanti,” tutur Eva.

Gonzales memutuskan masuk Islam pada 9 Oktober 2003 atau sejak menikah dengan Eva, yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Menurut Eva, striker berusia 34 tahun itu sangat taat beragama.

“Sekarang, setiap main saya selalu ingatkan dia baca Al Fatihah. Lucu juga dengar logatnya. Saya juga yang ajarin dia shalat,” tutur Eva saat ditemui di Hotel Sultan sebelum pertandingan.

Sementara Gonzales mengaku senang bisa menyumbang gol kemenangan di hadapan 80.000 penonton yang memadati Stadion Gelora Bung Karno. Namun menurut striker asal Uruguay ini, kemenangan tim lebih penting.

“Saya senang. Tapi tidak penting siapa yang mencetak gol. Yang penting kita menang,” ujar Gonzales saat ditemui mix zone usai pertandingan.

Mengenai peluang lolos ke final, striker Persib Bandung ini tak mau sesumbar. Ia mengatakan timnas masih butuh perjuangan berat mengingat Filipina telah menunjukkan diri sebagai tim kuat.

“Kita harus konsentrasi dan kerja keras. Mudah-mudahan kita bisa kembali menang,” harap pemain yang menyumbang dua gol untuk Tim Merah Putih di Piala AFF 2010 ini. (Tribunnews.com/M Ismunadi dan Husein Sanusi)

 

Sumber : tribunnews.com