KOMPAS/AGUS SUSANTO

Pendukung timnas Indonesia meneriakkan yel-yel menyemangati saat berlaga melawan timnas Filipina dalam semifinal Piala Suzuki AFF 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (16/12/2010). Indonesia menang 1 – 0.

JAKARTA, KOMPAS.Com – Menonton langsung pertandingan Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tak seperti menyaksikan lewat televisi. Ada kontak langsung secara nyata, termasuk secara batin. Keterlibatan emosi saat menonton langsung juga sangat kuat.

Wajar, banyak pendukung Indonesia merasa merinding. Apalagi saat lagu kebangsaan Indonesia dinyanyikan, juka saat nyanyian dan sorakan dipekakkan demi mendukung Firman Utina dkk. Semakin merinding lagi ketika Indonesia mencetak gol lewat sundulan Christian Gonzales.

Hesti (45) mengaku senang bisa menemani anaknya menonton langsung pertandingan antara Indonesia lawan Filipina. “Beda rasanya dengan menonton televisi. Saya sampe merinding,” aku Hesti.

Jangan berpikir jika dukungan untuk timnas Indonesia hanya datang dari orang dewasa. Anak-anak pun mencoba memberi dukungan maksimal. Bagi Noval (11), Adam (9) dan Febri (7), berada di SUGBK menjadi pengalaman yang tidak tergantikan.

“Udah tiga kali nonton di sini, kemarin waktu melawan Malaysia sama Laos, dan sekarang ini,” kata Noval yang mengaku senang bisa melihat aksi Firman Utina dan kawan-kawan secara langsung.

Noval, Adam, dan Noval adalah teman satu komplek perumahan Bank Indonesia di Jakarta Timur dan masih duduk di bangku sekolah dasar. Mereka sudah berada di SUGBK sejak sore. Berangkat dari rumah yang berada di Jakarta Timur pukul 15.00 WIB, kemudian menunggu di luar stadion hingga pintu gerbang dibuka.

Berada di tribun atas (kategori tiga) tidak menghalangi Noval, Adam, dan Febri untuk tetap bersorak dan memberikan dukungan kepada timnas Indonesia. Apalagi saat sundulan Christian Gonzales berhasil menggetarkan gawang Filipina.

“Besok masuk sekolah, gak ngantuk dan tetap bisa ngikutin pelajaran,” kata Adam yang datang bersama keluarganya.

Pertandingan semifinal putaran pertama Indonesia melawan Filipina dimenangkan oleh Indonesia lewat gol semata wayang Christian Gonzales pada menit ke-32. Masih ada pertandingan putaran kedua pada Minggu (19/12/2010) nanti