(Detiksport/ Resha Pratama) 

Jakarta – Yongki Aribowo dipastikan tidak akan tampil membela timnas Indonesia di final kedua. Lalu siapa yang paling pas menemani Cristian Gonzales di lini depan? Bambang Pamungkas dinilai yang paling ideal.

Bersama tiga rekannya yang lain, Yongki mengalami cedera di lutut kanannya saat menjalani latihan pada Senin (27/12/2010). Awalnya tim medis menyatakan kalau cedera itu tidak serius namun setelah diperiksa lebih lanjut cedera tersebut ternyata lebih parah dari dugaan.

Akibatnya Yongki harus menepi. Meski ia absen, skuad Indonesia masih memiliki dua pilihan striker yakni Irfan Bachdim dan Bambang.

Keduanya memiliki kemampuan yang sama bagusnya. Produktivitasnya di turnamen ini pun seimbang dengan sama-sama mencetak dua gol.

Namun Bambang punya satu kelebihan yang belum dimiliki Irfan. Bepe, panggilan akrabnya memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak yang dinilai sangat dibutuhkan untuk melakoni laga krusial seperti final leg kedua.

“Kalau Yongki absen, saya kira Bepe yang paling pas menjadi tandem Cristian Gonzales,” tukas pelatih timnas Indonesia U-16 Mundari Karya dalam perbincangannya dengan detiksport, Selasa (28/12/2010).

“Pengalaman Bepe akan berguna buat kita untuk melalui laga yang sulit seperti ini,” imbuhnya.

Markus Horison termasuk salah satu pemain yang mengalami cedera bersama Yongki. Tetapi pelatih Alfred Riedl mengatakan kalau si kiper nomor satu akan tampil. Andai kata Markus ternyata harus absen, Mundari menilai Fery Rotinsulu yang paling pas menggantikan.

“Kita masih punya Fery. Fery juga kiper yang bagus. Jika diberi kesempatan maka saya yakin dia akan menampilkan yang terbaik. Sedangkan (Kurnia) Mega masih muda, dia belum punya banyak pengalaman,” tutup dia mengakhiri pembicaraan.