TWITTER

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski menang 3-0 melawan Indonesia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Minggu (26/12/2010), Malaysia dapat nama buruk di jagat maya. Yang masuk ke trending topics Twitter dunia bukan soal kemenangan tim negeri jiran tersebut, melainkan soal ketidaksportifan para suporternya.

Hashtag “#malaysiacheatlaser bahkan menjadi trending topics terpopuler. Sebelumnya, kata “curang” dan “lasers” yang merujuk pada tindakan menyorotkan sinar laser ke muka kiper timnas Indonesia, Markus Horison, selama pertandingan juga sempat masuk ke trending topics dunia.

“Dunia harus tahu betapa rendahnya suporter Malaysia,” tulis salah seorang pengguna Twitter asal Indonesia. Namun, di lain pihak, pengguna lainnya menulis bahwa suporter Indonesia harus adil dan tak perlu membalas dengan cara yang sama saat Malaysia bertandang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno, 29 Desember mendatang.

Laser yang disorotkan ke arah muka Markus Horison memang sempat beberapa kali diprotes penjaga gawang timnas tersebut. Bahkan, pada menit ke-54, pertandingan sempat dihentikan wasit selama beberapa menit akibat hal tersebut. Begitu pertandingan dilanjutkan, Indonesia tak dapat menahan serangan Malaysia. Gawang Markus pun jebol tiga kali.