KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Suporter Indonesia sangat kompak saat mendukung timnya bertanding. Ini sangat membantu perjuangan Firman Utina dkk di Piala AFF 2010.

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelatih tim nasional Indonesia, Alfred Riedl, mengaku takjub dengan kesetiaan suporter yang tetap memberikan dukungan kepada Firman Utina dan kawan-kawan meskipun pasukan “Merah Putih” dikalahkan Malaysia pada final pertama Piala AFF 2010, Minggu (26/12/2010).

Menurutnya, peluang Timnas tipis untuk menjuarai Piala AFF setelah ditekuk 0-3 pada pertandingan kemarin. Namun, hal tersebut tidak mengendurkan semangat para suporter untuk mendukung pasukan “Garuda”.

Suporter terlihat masih mengelu-elukan Firman Utina dan kawan-kawan saat tiba di Tanah Air. Mereka menunjukkan loyalitasnya dengan menunggu kedatangan Timnas di bandara ataupun di hotel. Bahkan, para suporter tetap antusias mendukung Timnas dengan mendatangi tempat sesi latihan.

“Saya sangat takjub dengan suporter. Dukungan begitu besar datang dari para suporter Indonesia kepada Timnas. Mereka selalu datang ke hotel tempat kami menginap dan mereka juga datang saat kami berada di bandara menuju Malaysia. Saat ini pun, walau kami kalah, mereka tetap datang mendukung kami. Sangat luar biasa,” kata Riedl seusai memimpin latihan Timnas di Lapangan C, Senin (27/12/2010).

Riedl mengakui tidak pernah merasakan euforia luar biasa seperti ini selama melatih tim-tim di Asia Tenggara. “Saya tidak pernah merasakan hal seperti ini di Vietnam. Vietnam juga mempunyai suporter yang banyak, tetapi saya belum pernah melihat antusisme masyarakat seperti ini dalam mendukung timnasnya,” tukas Riedl. Dengan dukungan yang diberikan suporter seperti ini, Riedl mengaku optimistis timnya bisa membalas kekalahan pada final leg kedua, Rabu (29/12/2010)